Skip to main content

Tak kuliah? Tak masalah

tidak kulliah
PEXELS

Kamu salah satu siswa SMK maupun SMA yang ingin kuliah namun gagal meraihnya? tak masalah. Toh, Hidup kamu belum berakhir. Dan ingat, masih banyak cara untuk sukses meskipun tak masuk jalur universitas.
Memang, kuliah merupakan pintu gerbang menuju dunia kerja yang diinginkan. Selain itu, bagi penggila ilmu pengetahuan dan memimpikan profesi yang diinginkan, kuliah sudah layaknya obsesi tersendiri. Nahasnya, banyak siswa yang memiliki tekad tinggi untuk kuliah, malah tak mampu meraihnya.
Tapi tenang, dunia belum berakhir sampai disini. Dan bukan berarti karena kamu tak kuliah masa depanmu bakalan suram. Karena tanpa kuliah pun kamu bisa menggapai mimpi masa kecil untuk bisa terealisasi. Nah, daripada bingung dan menyalahkan nasib apalagi malah menyalahkan finansial orang tua, mulai sekarang kamu harus mengubah mindset negative itu dengan pikiran lebih optimis nan positif.


Berdamai dengan takdir

berdamai dengan nasib
Photo by rawpixel.com from Pexels
ketimbang jengkel lantaran tak kuliah dan memendam emosi negatif dalam diri, lebih baik berdamai dengan takdir dan mulai mengambil aksi. Teruslah berpikiran positif bahwa kamu mungkin di takdirkan untuk menjadi seorang pengusaha atau ada rezeki yang sudah menanti. Seperti halnya kamu ketahui, banyak pengusaha dunia yang tidak mengenyam bangku kuliah. jadi, buat apa terus-menerus menyesali nasib?
Kamu juga perlu berdamai dengan diri sendiri bahwa inilah jalan yang harus dilalui. Tetap nikmati kehidupan ini dengan tetap bersyukur sembari bekerja keras nan cerdas. Tanamkan pula mindset bahwa kamu yakin bisa menjadi orang sukses meskipun tak merasakan sensasi skripsi.

Ingat, ilmu bertebaran di era digital

belajar
Nguyen via Pexels
Banyak ilmu imbas keterbukaan informasi. Banyak blog, Website, Channel Youtube maupun ebook perihal ilmu tertentu yang bertebaran di internet dan tentunya gratis. Dengan begitu kamu bisa menghemat jutaan rupiah untuk kuliah dengan serius menekuni bidang yang kamu inginkan. jangan lupa pula sekarang makin banyak lembaga kursus yang memberikan pelajaran untuk memproyeksikan siswanya bekerja cerdas di era digital.
Jadi, asumsi tak kuliah maka gagal kedepannya, merupakan dogma yang salah kaprah. Bahkan dengan ditempa perilaku disiplin, tekun dan haus akan ilmu pengetahuan, kamu bisa saja menyalip temanmu yang kuliah dengan hanya bantuan mentor online maupun belajar otodidak dari website maupun youtube.

Mungkin, kamu di takdirkan jadi pengusaha

pengusaha
Photo by Stefan Lorentz from Pexels
Dengan tidak kuliah, berarti kamu selangkah lebih depan terjun ke dunia masyarakat asli ketimbang temanmu sendiri. Artinya, akan banyak pelajaran hidup bermasyarakat, bersosialisasi, maupun bernegosiasi dengan orang yang lebih tua nan berpengalaman. Akibatnya, pemikiranmu akan jauh lebih dewasa dan berpeluang memiliki relasi luas yang berguna untuk dirimu kelak.


Bukan tak mungkin karena kamu sudah survive duluan bagaimana cara mencari uang dengan modal ijazah SMA, pemikiranmu akan semakin kritis dan kreatif. Dengan kata lain, mau tak mau untuk terjun ke dunia dagang adalah pilihan. Apalagi, dengan persaingan kerja saat ini yang ketat dengan peluang membuka usaha untuk lulusan SMA, maka rasionya lebih condong ke arah membuka usaha secara mandiri.
Dan perlu dicatat, menjadi pengusaha bukanlah soal modal belaka. Apalagi pendidikan maupun bakat. Tapi, menjadi pengusaha merupakan seberapa besar mental dan tekad yang kita punya. Banyak kok para pengusaha yang menjadi jutawan bukan lulusan administrasi bisnis.

Jangan berhenti belajar

belajar hal baru
Pexels
Inilah penyakit lama yang terus di rawat oleh orang indonesia. Mereka berpendapat setelah lulus sekolah, maka tanggung jawab untuk belajar maka hilang sudah. Padahal, tiap harinya dunia bergerak semakin cepat. Bagi mereka yang diam di tempat dengan pemikiran kemarin, maka habis sudah untuk survive di masa depan.
Banyak ilmu yang bisa kamu dalami dari hobby yang berpeluang mendapat penghasilan dari sana. Sebagai contoh, kamu bisa belajar tutorial desain grafis dari website maupun youtube yang memiliki topik selaras. Atau jika memiliki rezeki lebih, bisa mengikuti kursus khsusus grafis yang kini semakin terjangkau berkat kuantitas pasar yang tinggi.
Faktanya, di era serba 4.0 ini, mendapatkan ilmu tak sesukar di jaman tembikar. Asalkan sabar dan mencintai proses, semua hasil kerja kerasmu akan terbayar lunas, tuntas, melakoni jati diri sampai puas, pas seperti kalimat yang terdapat dalam penggalan lirik hidup berawal dari mimpi karya Bondan Prakoso & Fade 2 Black.

Mari mulai aksi

mulai langkag
PEXELS
Lupakan gengsi, mari langkahkan kaki. Tak peduli orang lain mentertawai, teruslah kejar mimpi. Seperti di awal Artikel, hidup tak selesai sampai disini. Ada mimpi di depan mata yang harus menjadi obsesi dan terealisasi.
Mumpung teman sebayamu masih sibuk kuliah, mumpung teman sebayamu sedang sibuk pacaran, mumpung teman sebayamu sedang berfoya-foya, dan memuja hedonisme, inilah saatnya kamu untuk memulai langkah awal dalam perjalanan menggapai mimpi dengan cambuk motivasi dan keadaanmu saat ini. Maka ubahlah nasibmu dan patahkan argumen orang yang meremehkanmu saat ini.
Ingat, sekarang mungkin kamu sedang di rendahkan. Tapi, selagi kamu bisa menyaring antara kritik membangun dan menjatuhkan, maka sejalan dengan itu kamu bisa terus berdiri. Bukan tidak mungkin dengan kerja kerasmu melewati semua rintangan dengan terus merawat mimpi jangka panjang di kepala, kala temanmu sehabis wisuda, kamu bisa memberikan mereka lapangan kerja. Tak ada yang tak mungkin.
Jadi, tak kuliah pun tak masalah. Pendidikan memang perlu. Selagi ada kesempatan melanjutkan sekolah, maka sekolahlah. Tapi, jika keadaanmu memaksa untuk menjadi lone survivor, Maka hadapilah tanpa menghabiskan ludah. Masih banyak ilmu di luar sana. Masih bayak kesempatan di setiap celah. Kejarlah!

Comments

Popular posts from this blog

mau sewa teras Indomaret atau Alfamart? cek fakta berikut ...

Image Source Sebagai salah dua toko swalayan terbesar di Indonesia, Indomaret maupun Alfamart sukses menginvasi bisnis mereka di seantero jagat Nusantara. Dengan brand yang sudah terkenal di mata orang Indonesia, serta kelengkapan produk yang memuaskan pelanggan, dua raksasa ini sukses menenggelamkan pesaing bahkan pedagang kecil lainnya yang berani berdekatan dengan mereka. Selain bahan untuk menjajakan produk sanitasi maupun makanan, dua gerai ini juga memberikan fasilitas sewa teras yang memiliki makna ambigu. Bagi pedagang baru yang tak memiliki lahan untuk berdagang seperti di daerah perkotaan besar, tentu kesempatan ini merupakan prospek yang bagus untuk memasarkan barang daganganmu. Namun, bagi mereka yang sudah mengalami bagaimana menyewa teras di Indomaret/Alfamart, tentu memiliki kesan tersendiri yang tak bisa diungkapkan ke publik.  Perlu kalian ketahui, pertulisan ini dimuat (Oktober 2018), biaya sewa paling murah di kedua swalayan tadi adalah Rp. 500.000/Bulan. Dan y

Jangan pernah lakukan ini di Palangkaraya

Youtube/ Anak Dayak Palangkaraya merupakan ibukota provinsi Kalimantan tengah dan rencananya akan menjadi ibukota baru menggantikan Jakarta. Secara geografis, wilayah Palangkaraya terletak di tengah hutan Kalimantan dan Indonesia. Suhu disini juga cukup panas karena tepat berada di garis khatulistiwa.

7 Alasan sekarang yahudi mustahil dikalahkan

Shutterstock Berita tentang yahudi yang melekat dengan illuminati, freemansory dan berbagai dinasti keluarga mereka seperti halnya Rothschild, menjadikan yahudi sebagai bangsa yang menyita perhatian dunia.