Skip to main content

Wahai para HRD, Inilah alasan kenapa introvert adalah karyawan yang kalian cari

introvert kerja
Photo by Christina Morillo from Pexels


Pada umumnya Seorang introvert sering dianggap remeh oleh orang lain. Baik karena sifatnya yang 'terlihat' pendiam maupun karena mereka kurang pergaulan. Oleh sebab itu perusahaan kadang berpikir dua kali untuk mempekerjakan seorang karyawan yang introvert. Dibalik itu semua, ternyata mereka salah menilai introvert, umumnya orang lain hanya melihat introvert dari sisi luar namun tidak secara keseluruhan .
Baca juga: 5 Fakta menarik orang sunda
Mereka memang tak cakap dalam melakukan obrolan lama dengan rekan kerja. Namun, mereka bisa menyembunyikan kekurangannya itu dengan etos dan keahlian mereka yang bisa dipertanggung jawabkan. Bukan hanya itu, mereka juga termasuk pegawai yang talk less do more dalam lingkungan kerja. Dan masih banyak lagi keunggulan yang mungkin hanya bisa didapat dari orang introvert jikalau para HRD mau mempertimbangkannya terlebih dahulu.


Pribadi yang bertanggung jawab
introvert pekerjaan
Image Source: Pixabay
Walaupun mereka cenderung cuek dan terlihat tidak bisa diandalkan, Tapi jangan kaget jika mereka sangat bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan atau apa yang diperintahkan atasan mereka sigap melaksanakannya. Mereka sangat pandai dalam mengatur waktu, jadi jika seorang introvert menjadi kawan di tempat perusahaan anda, merekalah salah satu karyawan terproduktif bahkan terbaik di tempat anda.

Hal ini didasari karena sifat mereka yang seorang pendengar baik serta enggan untuk mensia-siakan kepercayaan orang lain padanya.

Jika diberi proyek, mereka bisa saja melaksanakannya dengan baik

karyawan introvert
PEXELS
Introvert merupakan orang yang total jika diberi kepercayaan oleh orang lain dalam bekerja. Seperti poin sebelumnya yang saya jelaskan,  sifat penuh tanggung jawab lah yang membuat mereka dapat diandalkan. Proyek apapun yang atasan limpahkan kepada introvert, mereka akan menyelesaikannya tanpa banyak ngomong dan ngeluh sampai proyek tersebut selesai.

Dan tak perlu takut untuk kesetiaan mereka, selagi mereka diberi kepercayaan dan ruang lingkup sendiri, semua pekerjaan yang kamu limpahkan pada mereka akan beres dengan sempurna. Perlu diingat, Para introvert umumnya akan merasa nyaman dengan kesendirian sesaat dan untuk itulah berikan mereka ruang dan tak menekan mereka untuk terus-menerus bersosialisasi dengan teman kerja.

Pemberi saran yang baik

karyawan introvert
PEXELS
Dibalik diamnya seorang introvert, mereka seringkali mempunyai ide yang sangat gemilang. Jangan salahkan mereka jika dalam suatu diskusi mereka mempunyai pendapat yang sangat berharga. Itu karena kepintaran mereka dalam menganalisa sesuatu se-detail mungkin. Dan di balik diam mereka, otak mereka tidak pernah berhenti berpikir.

So, untuk kalian para atasan, yang mendeteksi salah seorang karyawan kalian seorang introvert, ajaklah mereka sesekali untuk berdiskusi mengenai prospek kedepan mengenai kemajuan perusahaan. Niscaya, mereka akan memberikan pendapat yang bijak dengan pelbagai pertimbangan dan tentunya sangat berharga untuk kemakmuran perusahaan anda.

Merupakan pribadi yang apa adanya

pekerja introvert
PEXELS
Introvert bekerja dengan tulus dan penuh tanggung jawab. Mereka juga menampilkan apa yang ingin mereka tampilkan, intinya penampilannya selalu apa adanya. Bukan hanya penampilan, sikap mereka pun terkesan tidak dibuat-buat. Selain itu, mereka juga merupakan pribadi yang jujur. Jadi tak perlu takut untuk menaruh kepercayaan pada introvert.

Ahli dalam bidangnya
karyawan introvert
PEXELS
kegemaran introvert untuk menyendiri dan me-recharge energy mereka dengan melakukan aktivitas yang mereka sukai berdampak pada keahlian mereka yang cukup bagus dalam posisi di perusahaannya. Jadi, biasanya introvert dalam melamar kerja benar-benar menyesuaikan dengan bidang yang mereka cinta dan tak jarang, mereka sangat piawai dalam bidang tersebut.

Tampilan luar yang mereka kenakan merupakan topeng yang didalamnya terdapat wawasan dan kemampuan yang luar biasa dalam bidang yang mereka cintai.


Comments

Popular posts from this blog

mau sewa teras Indomaret atau Alfamart? cek fakta berikut ...

Image Source Sebagai salah dua toko swalayan terbesar di Indonesia, Indomaret maupun Alfamart sukses menginvasi bisnis mereka di seantero jagat Nusantara. Dengan brand yang sudah terkenal di mata orang Indonesia, serta kelengkapan produk yang memuaskan pelanggan, dua raksasa ini sukses menenggelamkan pesaing bahkan pedagang kecil lainnya yang berani berdekatan dengan mereka. Selain bahan untuk menjajakan produk sanitasi maupun makanan, dua gerai ini juga memberikan fasilitas sewa teras yang memiliki makna ambigu. Bagi pedagang baru yang tak memiliki lahan untuk berdagang seperti di daerah perkotaan besar, tentu kesempatan ini merupakan prospek yang bagus untuk memasarkan barang daganganmu. Namun, bagi mereka yang sudah mengalami bagaimana menyewa teras di Indomaret/Alfamart, tentu memiliki kesan tersendiri yang tak bisa diungkapkan ke publik.  Perlu kalian ketahui, pertulisan ini dimuat (Oktober 2018), biaya sewa paling murah di kedua swalayan tadi adalah Rp. 500.000/Bulan. Dan y

Jangan pernah lakukan ini di Palangkaraya

Youtube/ Anak Dayak Palangkaraya merupakan ibukota provinsi Kalimantan tengah dan rencananya akan menjadi ibukota baru menggantikan Jakarta. Secara geografis, wilayah Palangkaraya terletak di tengah hutan Kalimantan dan Indonesia. Suhu disini juga cukup panas karena tepat berada di garis khatulistiwa.

7 Alasan sekarang yahudi mustahil dikalahkan

Shutterstock Berita tentang yahudi yang melekat dengan illuminati, freemansory dan berbagai dinasti keluarga mereka seperti halnya Rothschild, menjadikan yahudi sebagai bangsa yang menyita perhatian dunia.